Selasa, 07 Desember 2010

Cibugel-Sumedang dan Keanehanya.

Cibugel adalah salah satu kecamatan pemekaran di Kabupaten Sumedang. Jarak dari Kota Sumedang sekitar 43 km melalui jalur Kecamatan Darmaraja. Cibugel merupakan dataran tinggi, cuaca di sana cukup dingin siang hari ada kabut dan gerimis turun di bulan ini "Desember". Hasil bumi yang dihasilkan kecamatan ini adalah padi, jagung, ketela pohon, tembakau dsb. Air bersih cukup baik sepanjang jalan Darmaraja-Cibugel di lewati banyak sungai kecil yang airnya masih jernih.

Kecamatan Cibugel merupakan kecamatan perbatasan dengan Kabupaten Garut, sehingga jaraknya lebih dekat Ke Garut jika di bandingkan ke Kota Sumedang sendiri. Masyarakatnya lebih suka berbelanja ke Garut dari pada ke Sumedang begitupun dengan hasil bumi, mereka kebanyakan menjual hasil bumi mereka ke daerah Garut "Limbangan". Alasanya adalah pertama, jarak tempuh lebih dekat; kedua, angkutan umum yang ada hanya jurusan Cibugel-Limbangan; ketiga; akses jalan jauh lebih baik ke Garut daripada ke Sumedang sendiri. Aneh bukan?

1 komentar:

  1. aneh ya gan ^_^. kabupaten sumedang itu unik. plat nomornya aja sama kayak garut platnya Z. sumedang dan garut jadi akrab hehe

    BalasHapus