Rabu, 08 Desember 2010

Komentar Masyarakat Ketika Ada Pendatan

Memang negeri ini "Indonesia" terpuruk dalam hal ekonomi, tingkat kesejahteraan masyarakatnya jika di bandingkan dengan dengan negara-negara lain di eropa dan asia. Sebetulnya apa sebenarnya yang terjadi, padahal kalo kita lihat, kurang apa Indonesia ini. Dari segi Sumber daya manusia, banyak orang pintar indonesia di akui dunia atas kecermelangan otaknya, dari segi sumberdaya alam, apapun bisa tumbuh di Indonesia, kecuali tiang listrik dan tiang telepon x.

Ini hanya sharing pengalaman tadi pagi pada saat pendaatan masalah pertanian dalam rangka program pemerintah, pada umumnya masyarakat yang didata mempunyai komentar yang sama pada saat pendataan. Mereka berpendapat bahwa pendata ini bertujuan akan pemberian pemerintah pada mereka nantinya, memang tidak salah 100 %, cuma yang jadi masalah mereka berharap pemberian itu dalam hal profit aja bukan benefit.

Pertanyaan yang sering muncul pada saat pendaatan itu:

  1. Mau dikasih apa nantinya, itukah inikah dan sebagainya
  2. Kalo mau ngasih ngasih ajah ga perlu di data
  3. Saya ga punya apa-apa, bapak mau ngasih apa
Hanya seputar itu yang mereka lontarkan dari mulutnya, yang jadi pertanyaan kenapa mereka bertindak begitu? saking terpurukah masyarakat indonesia, saking miskinkah mereka itu, jawabannya adalah tidak, karena yang berbicara tersebut bukan hanya orang miskin, orang kayapun berbicara begitu. mungkinkah ada yang salah dengan program pemerintah sehingga mereka begitu manja? jawabannya mungkin saja. Mungkinkah keterpurukan Indonesia itu sebagai salah satu faktornya yaitu raknyatnya hanya ingin diberi saja tanpa keinginan untuk berkarya untuk negara ini, selain tentunya karena terlalu banyak koruptor di negara ini.

Sharing info ini mudah-mudahan jadi bahan pertimbangan buat pembaca. Mau dibawa kemana negeri ini jika masyarakatnya sudah kehilangan semangat berkarya dan pemerintahnya masih ada yang curang dan korupsi. ini hanya sebagai bahan pemikiran saja. terima kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar